29.4 C
Indonesia
Sab, 20 Juli 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Sabtu, 20 Juli 2024 | 14:40:57 WIB

Jaring Aspiras Masyarakat (JASMAS) dalam kegiatan PPM oleh Perusahaan MedcoEnergi bersama MDW di P. Mandangin

Reporter : Hamdi

Sampang detikjatim.id

– Hari ini  Selasa 22/2/22 telah terlaksana kegiatan Jaring Masyarakat (JASMAS) oleh MDW dan di hadiri oleh perwakilan dari MedcoEnergi perusahaan migas yang dulunya bernama PT. Santos sekarang berubah menjadi MedcoEnergi.

Yang mana kegiatan JASMAS ini dilakukan setiap tahun sekali dalam program Pengembangan Masyarakat (PPM) tahun 2022.

Dalam kegiatan JASMAS ini MWD atau perwakilan pihak perusahaan MedcoEnergi menggalang aspirasi masyarakat Desa yg terdampak langsung dari kegiatan Pengeboran Minyak dan Gas di selat Madura ini. Sehingga dalam sambutannya dari pihak perusahaan MedcoEnergi untuk memberikan CSR bagi Desa atau masyarakat yang terdampak langsung.

Untuk nominal pagu anggaran untuk kegiatan PPM Desa P. Mandangin tetap seperti tahun yang kemarin yaitu sebesar Rp. 212.280.000,00. Yang mana dengan pagu Anggaran segitu di pergunakan untuk kegiatan di bidang infrastruktur, Pendidikan, Ekonomi dan Kesehatan.
Untuk kegiatan di bidang Infrastruktur Pembangunan jalan Poros Desa dalam arti pembangunan jalan Rabat Beton yang masih belum tercapai di tahun anggaran 2021, dari Bidang Pendidikan yaitu Rehab/Perbaikan Gedung sekolah di PAUD Al-Munawwarah Dusun Kramat, Bidang kesehatan ialah pengadaan Bak Sampah untuk rumah-rumah maupun Bak sampah penampung, sedangkan di bidang Ekonomi ialah pengembangan manajemen Pemasaran Bisnis Online untuk masyarakat Desa P. Mandangin. Sedangkan untuk Nelayan yang mana mayoritas penduduk Desa P. Mandangin yang bermata pencarian Nelayan kecil tidak pernah tersentuh oleh CSR dari perusahaan, padahal para nelayan lah yang merasakan dampak langsung dari kegiatan eksploitasi minyak di selat Madura tersebut. Karena yang menjadi tempat kegiatan pengeboran tersebut adalah tempat landang para nelayan mencari rezeki. Sehingga mungkin untuk nelayan seharusnya menjadikan perhatian kusus dalam kegiatan PPM tersebut.

Adapun dalam pemaparan nya salah satu MC acara JASMAS dan juga selaku anggota dari Pendamping MedcoEnergi yang mana berada dalam naungan lembaga MDW mengatakan untuk program di tahun 2021 di titik beratkan dalam pengadaan kipas angin di musholla-musholla yang ada di Desa Mandangin.

“Memang kita fokuskan kali ini pada pengadaan alat-alat fasilitas umum, seperti kipas angin mushollah” ungkapnya

Namun hal itu sangat di sayangkan karena kebutuhan utama dari para nelayan tidak dapat diakomodir dengan baik.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles