24.4 C
Indonesia
Sab, 20 Juli 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Sabtu, 20 Juli 2024 | 19:31:22 WIB

Banjir Bandang di Kerek Tuban, Sebabkan Tanggul Sungai di delapan desa sekitarnya Jebol

Reporter : Moh.Solehuddin

Hujan lebat dengan intensitas yang sangat tinggi selama sekitar 2 jam yang terjadi di wilayah Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban dinilai menjadi pemicu terjadinya banjir bandang di delapan desa yang ada, pada Jumat (11/3/2022).

menurut pantauan wartawan detikjtim.id di lapangan pada hari ini sabtu 12/3/22 banjir bandang paling parah terjadi di Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban karena banyak rumah warga yang diterjang banjir. Selain itu 6 titik tanggul sungai yang ada di desa tersebut juga mengalami jebol karena derasnya arus banjir bandang itu.

Dari informasi yang dihimpun beritajatim.com, keberadaan tanggul sungai yang ada di Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mengalami jebol setelah tidak kuat menahan deras air banjir bandang itu. Karena tanggul mengalami jebol sehingga air bercampur lumpur itu langsung menerjang pemukiman warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

“Ada enam titik tanggul di Desa Temayang yang putus, karena diterjang arus banjir,” ungkap Sudarmaji, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban yang langsung terjun di lokasi kawasan yang terdampak banjir bandang itu.

Dari sebanyak enam titik tanggul yang kondisinya putus tersebut, salah satunya kondisinya sangat memprihatinkan. Yang mana panjang dari titik tanggul ambrol tersebut panjangnya mencapai 30 meter dan sangat membahayakan kawasan pemukiman jika sampai terjadi banjir bandang lagi.

ia menambahkan bahwa pihaknya diminta bapak Bupati untuk mengambil langkah-langkah cepat, langkah darurat terutama di Temayang ini. Karena di Temayang ini da tanggul sungai yang putus, ini Bupati meminta supaya langsung dilakukan perbaikan.

Sebagai upaya untuk melakukan perbaikan darurat itu, tim BPBD Tuban bersama Polisi, TNI serta serta dinas terkait langsung melakukan perbaikan tanggul yang putus itu. Perbaikan tanggul juga melibatkan warga sekitar, agar cepat selesai.

Sementara itu, terkait dengan kerugian atau dampak dari bandang yang terjadi di wilayah Kecamatan Kerek, Tuban itu masih dilakukan pendataan oleh petugas. Namun, dari data awal sudah banyak ditemukan rumah warga yang rusak serta sebagian besar barang-barang kebutuhan rumah tangganya hanyut terbawa banjir.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah desa yang berada di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban diterjang banjir bandang setelah hujan lebat sekitar 2 jam mengguyur wilayah itu. Belum diketahui secara pasti berapa kerugian ataupun dampak dari banjir tersebut.

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles